10 Juli 2009

Install Windows XP on Pre-installed Windows Vista

"Bagaimana membuat dual boot Windows XP pada komputer dengan pre-installed Windows Vista ?"

Masalahnya komputer dengan pre-installed OS biasanya hanya memiliki 1 partisi saja.
Untungnya Windows Vista memiliki fitur "Shrink Volume" yang dapat kita gunakan untuk mengecilkan partisi yang dipergunakan Windows Vista dan membuat partisi untuk Windows XP.

Buka "Computer Management" dalam "Administrative Tools" atau klik kanan My Computer pada Start Menu, pilih Manage. Kemudian pilih "Disk Management". Klik kanan Hard Drive, pilih "Shrink Volume". Tentukan besar volume yang akan dikecilkan (volume untuk partisi Windows XP) kemudian klik tombol "Shrink".

Jika komputer memiliki CD-ROM Drive maka sebaiknya diubah dulu drive letter-nya dari D: menjadi E: agar drive letter D: dapat dipergunakan untuk partisi Windows XP. Caranya klik kanan CD-ROM Drive, pilih "Change Drive Letter and Paths". Pilih E dari menu drop-down kemudian klik tombol "OK".

Langkah berikutnya membuat partisi untuk Windows XP. Klik kanan Unallocated free space area, pilih "New Simple Volume" ikuti petunjuk selanjutnya. Pastikan untuk menggunakan drive D: untuk partisi yang baru dibuat.

Tutup Disk Management dan reboot komputer dari CD instalasi Windows XP. Ikuti petunjuk selanjutnya. Pastikan tidak menumpuki partisi Windows Vista.

Untuk melakukan booting ke Windows Vista diperlukan VistaBootPro untuk mengembalikan Vista boot loader.

Note : Sayangnya VistaBootPro sekarang tidak free :(

Install VistaBootPro (perlu .NET 2.0 framework) lalu jalankan. Klik Tab "System Bootloader".
Pilih "Windows Vista Bootloader" dan "All Drives", kemudian klik tombol "Install Bootloader".

Berikutnya klik "Diagnostics" pada Menu dan pilih "Run Diagnostics".

Selanjutnya klik Tab "Manage OS Entries". Di sini kita dapat mengganti "Earlier Version of Windows" menjadi misalnya "Windows XP", kemudian klik tombol "Apply Update".

Reboot komputer, pilih OS yang akan dipergunakan dari Windows Boot Manager".
Jika muncul error "unable to find ntldr" saat boot dari Windows XP maka copykan file "ntldr" dan "ntdetect.com" dari CD instalasi Windows XP dalam folder \i386\ ke root drive Windows XP (D:\)

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar