13 Juli 2009

Install Windows XP on SATA without a Floppy (F6)

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya, jika anda bakal sering melakukan instalasi Windows XP pada komputer dengan Hard Disk SATA, sebaiknya buat CD instalasi Windows XP sendiri yang telah memuat driver untuk SATA.

Yang kita perlukan adalah :
1. CD instalsi Windows XP yang asli
2. Floppy Disk yang berisi driver SATA
3. Freeware Nlite
4. Blank CD

Jalankan software Nlite, anda akan diminta memasukkan lokasi Windows Installation Package.
lokasi file untuk Windows Installation Package yang akan ditambah driver SATA di dalam HDD (pastikan HDD anda memiliki cukup space minimal 640 MB).
Setelah Nlite selesai meng-copy seluruh file instalasi Windows ke HDD, klik tombol "Next" sampai muncul 4 pilihan : Integrate, Remove, Setup atau Create. Pilih "Integrate" dan tombol "Drivers" kemudian klik "Next".

Dari next menu window, click Insert dan pilih multiple drive folder option dari drop down menu. Browse lokasi dimana drivers berada. Pilih directory tersebut dan click next. Akan muncul list dari available drivers. Pilih dan click next.

Program akan menanyakan permission untuk memulai integration procedure. Pilih Yes dan tunggu sampai drivers selesai dimuat dalam installation package.


Berikutnya adalah membuat bootable CD yang berisi Windows Installation Package dengan Driver SATA.

Jalankan program Nlite, pilih lokasi folder dalam HDD yang berisi installation package dan click next. Pilih "Last Session" dan click next lagi. Dari options menu pilih Bootable ISO dan click next. Dalam tampilan berikutnya set mode ke "Create Image" dan click Make ISO. Tentukan tempat penyimpanan ISO image akan disimpan.

Once the image saving process finished you have the freedom to burn it on a blank CD with whatever your favorite CD burner software.


Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar